loading...

Buah Nipah


BUAH NIPAH




Nipah atau Nypa fruticans (Thunb.) Wurmb adalah sejenis palem (palma) yang tumbuh di lingkungan hutan. Batang pohon nipah membentuk rimpang yang terrendam oleh lumpur. Akar serabut dapat mencapai panjang 13 m. Panjang anak daun dapat mencapai 100 cm dan lebar daun 4-7 cm. Daun nipah yang sudah tua berwarna kuning, sedangkan daunnya yang masih muda berwarna hijau. Banyak anak daun dalam tiap tandan mencapai 25-100 helai. Setiap rumpun pohon nipah mampu menghasilkan sekitar 4 tangkai pada waktu bersamaan. Dengan demikian satu pohon nipah dapat menghasilkan 12 liter nira per hari (Natsir, 2013).
Menurut Natsir (2013) klasifikasi ilmiah tumbuhan nipah sebagai berikut:
Kerajaan : Plantae
Divisi      : Magnoliophyta
Kelas      : Liliopsida
Ordo       : Arecales
Famili    : Arecaceae
Genus    : Nypa
Spesies   : N. Fruticans
Nipah merupakan hasil hutan yang sifatnya musiman dengan buah yang melimpah setiap musimnya. Nipah adalah salah satu sumber daya alam Indonesia yang tampak mempunyai potensi yang besar (luas hutan nipah di Indonesia sekitar 700.000 ha) namun belum dimanfaatkan secara optimal. Salah satu usaha pemanfaatannya adalah penggunaan buah nipah. Bagian buah nipah yang dianggap paling penting dalam penganekaragaman makanan yaitu daging buah nipah. Daging buah nipah setengah masak berwarna putih dan dapat dimakan, rasanya sedikit hambar dan berair, karena buah nipah mengandung banyak karbohidrat, maka dapat dibuat tepung (Sari dkk, 2008). Cairan manis yang dikandung dalam buah nipah memiliki kadar gula antara 15-17% (jumlah zat padat semua yang larut setiap 100 gr larutan) (Natsir, 2013).
Tandan buah nipah berbentuk bulat, warna coklat, kaku dan berserat. Pada setiap buah terdapat satu biji berbentuk telur. Ukuran diameter kepala buah sampai 45 cm. Buah nipah muncul  dari tangkai bunga yang biasanya akan tumbuh sampai menyentuh lumpur, ketika masak kepala buah akan terpecah menjadi buah-buah yang terpisah secara individu (Ang, 2010).





Buah nipah tua yaitu buah yang sudah cukup umur dan terasa ringan. Kulitnya keras dan biasanya berwarna coklat tua sampai kehitaman, bagian kulitnya terlalu tebal dan keras. Kulit buah nipah memiliki kandungan 50,5% serat kasar, 9,77 % kandungan air dan kandungan lemak sebesar 0,6% pada setiap butir buah nipah tua. Hal tersebut menunjukkan bahwa buah nipah yang sudah tua memiliki serat yang cukup tinggi (Hidayat, 2006). Karakteristik kandungan serabut buah nipah tua dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Komposisi Kandungan Kulit Nipah Tua
Kandungan
Jumlah (%)
Selulosa
36,5
Hemiselulosa
21,8
Lignin
27,3
Abu
8,1
Ekstraktif
0,8
Sumber : Tamunaidu dan Shiro, 2010


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buah Nipah"

Post a Comment

Terimakasih Sudah Mengunjungi Blog Ini, Silahkan Tinggalkan Komentar!