loading...

Laporan Praktikum | Pembuatan Serbuk Daun Kopi

LAPORAN  PRAKTIKUM
TENOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERKEBUNAN
“PEMBUATAN SERBUK DAUN KOPI”










OLEH :
MUHAMMAD WASIL
JIAII4013






TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI  PERTANIAN
UNIVERSITAS JAMBI
2017





 BAB 1
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
         Bagi penikmat kopi mungkin tidak pernah berpikir bahwa selain bijinya , daun kopi ternyata juga bias di mamfaatka sebagai bahan minuman . selain memliki aroma dan rasa yang tak kalah sedap ,daun kopi juga memiliki mamfaat yang berguna bagi tubuh kita .di tanah datar Sumatra barat ,tempat minuman ini mulai diperkenalkan ,minuman ini biasa di sebut kopi daun kawah.

        Konon,pada jaman dahulu,tepatnya pada saat jepang masih menjajah di ranah minang.mereka mengambil hasil buah /biji kopi segar dari tanah warga pribumi dan mengekspornya ke luar negeri .akibatnya warga pribumi tidak dapat menikmati air seduan dari buah biji kopi tersebut .dan pada masa itu ,meminum air seduhan buah/biji kopi merupakan suatu keistimewaan tersendiri yang juga mengambarkan tingkat derajat orang tersebut.( gandul,2010 )

     Tidak seperti kopi yang pada umumnya berwarna hitam pekat dengan erbuk biji –bijianya yang mengendap,kawa daun atau kopi daun kawah terlihat lebih mirip seperti air seduhan teh.dan kelebihan air seduhan daun kopi ini adalah kandungan kafeinya lebih ringan jika di bandingkan dengan air kopi biasa .dan oleh sebab itu kami tertarik untuk melakukuan penelitian atu praktikum yang berjudul pembuatan serbuk daun kopi ( gandul,2010 ).

1.2   Tujuan
Untuk mengetahui cara pembuatan serbuk daun kopi







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1   Tanaman Kopi
          Kopi di Indonesia saat ini umummnya dapat tumbuh baik pda ketinggian temat di atas 700 m diatas laut.dengan adanya introduksi beberapa klon baru dari luar negeri ,beberapa klon saat ini dapat di tanam di atas ketinggian 500 m di atas permukaan laut  ( puslikoka,2006 )
          Salah satu rendah nya produktifitas kopi  rebusta  di Indonesia adalah belum di gunakanya bahan tanam unggul yang sesuai dengan agroekosistem  tempat tumbuh kopi robusta  puslikoka.2006).

2.2   Daun Kopi
         selain aroma dan rasanya yang nikmat,daun kopi ternyata juga memiliki berbagai mamfaat bagi kesehatan tubuh manusia .dengan meminum daun kopi dapat berkhasiat untuk mengobati sakitmaag,dan juga  bias untuk beberapa penyajkit lainya yang di antaranya melancarkan saluran pernapasan bagi penderita sesak napas ( fulder,s,2004 ).

2.3  Kopi Kawa
        Kopi kawa adalah minuman dari daun kopi ynag di seduh seperti daun the.daun kopi dari perkebunanyang awalnya dikeringkan dengan cara di sangria atau di open .saat akan di minum daun kering ini harus di seduh dengan air mendidih. 
        Menurut dr..Aaron davies dan dr. Claudine campa,spesialis gizi dalam jurnal annals antioksiida yang dapat melawan kanker ganas di bandingkan dengan kita mengonsumsi kopi atau the ( setrono,2013 ).   
       








 BAB III
METODOOLOGI

3.1    Waktu Dan Tempat
        Praktikum ini di laksanakan pada hari selasa  tanggal 28 februari pada pukul 08.00 WIB . tempat pelaksanaan di aboratorium pengolahhan fakultas teknologi pertanian universitas jambi. 

3.2 Alat dan Bahan
Alat yang di gunakan pada praktikum ini adalh Loyang ,kukusan ,oven ,baskkom ,blender,timbakan ,ayakan ,kompor ,spatula dak kertas label. Sedangkan bahan yang di gunakan yaitu daun kopi campuran ( muda 50 % sedang 30 % dan tua 20 % ). 

3.3   Prosedur Kerja 
        persiapkan alat dan bahan yang akan di gunakan ,disortasi daun kopi yang bagus dan tiidak rusak ,lalu di buang tangkai daun  daun di timbang sebanyak 500 gr .kemudian di kukus daun kopi menggunakan kukusan selama 2 meit selamjutnya di angkat lalu gulung daun kopi kemudian di oven dengan suhu 110 C selama 30 menit sampai kering merata .di keringkan kembali ke dalam ke dalam oven dengan suhu 80 C selama 80 menit. Setelah kering di hancurkan daun kopi menggunakan blender dan di arak ,lalu penbuatan serbuk daun kopi sudah selesai . tahap terakhir serbuk daun kopi di timbang  dan di kemas dalam plastik.














BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASA


4.1   Hasil

Table 1. Pembuatan serbuk daun kopi
No
Kelompok Daun Kopi
Berat Awal
Berat Akkhir
Rendemen
1.
Daun Kopi Muda
500 Gr
102,2 Gr
20,44%
2.
Daun Kopi Sedang
500 Gr
218 Gr
43,6%
3.
Daun Kopi Tua
500 Gr
170,04 Gr
34,008%
4.
Daun Kopi Campur (Muda 50%,Sedang 30% ,Tua 20% )
500 Gr
167,2 Gr
33,58gr

Gambar 1. Hasil daun kopi / serbuk daun kopi


4.2   Pembahasan
        Dari praktikum yang di lakukan dapat di ketahui bahwa daun kopi dapat di jadikan minuman yang berkhasiat dan menyegarkan .
        Pada penbuatan kopi daun kawa harus di layukan dengan oven pada suhu 110 c yang telah di tentukan waktunya dan untuk menghasilkan kopi yang maksimal daun kopi yang sudah di oven tadi di oven kembali dengan suhu tertentu dan waktu yang cukup lama. Dalam pelayuan daun kopi harus di lakukan dengan maksimal ,karna proses pelayuan termasuk factor penting untuk menghasilkan kopi daun kawa yang maksimal.
       Sementara dari table hasil pengamatan dapat terlihat bahwa berat akhir bubukdaun kopi yang paling tinggi adalah daun kopi sedang yaitu dari 500 gr daun kopi menghasilkan  218 gr bubuk daun kopi.





BAB V
PENUTUP

5.1     Kesimpilan
    Cara pembuatan serbuk daun kopi di awali dengan sortasi atau pemilihan daun yang bagus,selanjutnya di lakukan pengukusan ,kemudian penggulungan daun ,setelah itu di oven dengan suhu 110 c dalam waktu 30 menit ,dikeluatkan dilakukan pembalikan daun,di lanjutkan pengovenan kembali pada suhu 80 c dalam waktu 80 menit .setelah itu di lakukuan pengilingan dan pengayakan serta pengemasan. 

5.2     Saran
     Untuk mendapatkan mutu serbuk daun kopi dan seduhan kopi yang nikmat ,proses pembuatanya di butuhkan kesabaran dan ketelitian serta tidak menyimpang dari prosedur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Praktikum | Pembuatan Serbuk Daun Kopi"

Post a Comment

Terimakasih Sudah Mengunjungi Blog Ini, Silahkan Tinggalkan Komentar!