loading...

Tugas Praktikum Mikrobiologi : Pemanfaatan Mikroba Bakteri Lactobacillus sp pada Kesehatan

MAKALAH
MIKROBIOLOGI DASAR
Pemanfaatan Mikroba Bakteri Lactobacillus sp pada Bidang Kesehatan”
Aplikasi Bakteri Lactobacillus Sp.Dibidang Mikrobiologi Industri Sebagai Pencegah Kanker Usus







Disusun Oleh :





JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS JAMBI
2015
KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya,sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik,dan kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang tanpa kecuali,dan memperkaya khasanah keilmuan kita seehingga wawasan pemikiran kita terus berkembang seiring perkembang yang terjadi pada saat ini.
            Dalam penulisan makalah ini tidak terlepas dari bantuan orang lain,sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih kepada dosen mata kuliah” Mikrobiologi” yang akan membahas tentang pemanfaatan Lactobicilus Sp Pada Pembuatan Yoghurt.
            Dalam penulisan makalah ini tentu saja tidak terlepas dari kekurangan dan kehilapan penulis. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran guna untuk menyempurnakan makalah ini sehingga menjadi lebih baik.
            Demikian harapan penulis semoga Allah SWT memberikan hikmah tiada henti-hentinya kepada penulis,atas apa yang telah penulis lakukan selama presentasi makalah ini.

                                                                                Jambi,08 Juni 2015

                                                                                         Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Mikrobiologi industri merupakan suatu usaha memanfaatkan mikrobia sebagai komponen untuk industri atau mengikutsertakan mikrobia dalam proses. Mikrobia dalam industri menghasilkan bermacam produk, diantaranya:
1.      Zat kimia, seperti asam organik, gliserol, alkohol.
2.      Antibiotik.
3.      Zat tumbuh.
4.      Enzim.
5.      Makanan dan minuman.
Susu kedelai merupakan sari yang dihasilkan dari kedelai dan merupakan susu nabati yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi semua orang baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.
Yogurt adalah produk susu fermentasi berbentuk semi solid yang dihasilkan melalui proses fermentasi susu dengan menggunakan bakteri asam laktat. Melalui perubahan kimiawi yang terjadi selama proses fermentasi dihasilkan suatu produk yang mempunyai tekstur, flavor, dan rasa yang khas. Selain itu juga mengandung nilai nutrisi yang lebih baik dibanding susu segar. Secara tradisional, pada pembuatan yogurt digunakan kultur starter campuran Lactobacilus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus dengan perbandingan 1 : 1.
Yang biasanya yogurt terbuat dari susu hewan, kami mencoba membuat menggunakan susu yang berasal dari tumbuhan.  Berdasarkan pernyataan tersebut maka kami mencoba untuk membuat yogurt dengan menggunakan susu kedelai yang sangat membantu dalam prosesPencernaan. Selain itu juga sebagai solusi bagi yang alergi susu hewan sehingga mereka masih bisa menikmati yogurt dengan bahan utama susu nabati dan yoguart ini dgunakan untuk mencegah kanker Usus.                                          
1.2  Rumusan Masalah
1.2.1        Faktor apa yang menyebabkan kanker usus ?
1.2.2        Bagaimana peranan Bakteri Lactobacillus Sp pada penyakit kanker usus ?

1.3  Tujuan Penulisan
1.3.1        Untuk mengetahui peranan bakteri Lactobacillus sp pada penyakit usus ?
1.3.2    Manfaat Penelitian
1.3.3    Bagi mahasiswa dapat menambah pengetahuan mengenai bakteri lactobacillus sp yang berperan dalam penghasil produk untuk kesehatan.
1.3.4   Bagi masyarakat dapat memberikan pengetahuan mengenai proses proses pembuatan produk kesehatan yang memanfaatkan bakteri lactobacillus sp.









BAB II
PEMBAHASAN

Lactobacillus sp
Kerajaan: Bakteri
Divisi:
Firmicutes
Kelas:
Bacilli
Ordo:
Lactobacillales
Famili:
Lactobacillaceae
Genus: Lactobacillus
A.                Tahapan perkembangan kanker pada ususbesar(kanker kolorektal)
Pada tahap awal, orang dengan penyakit tersebut (kannker usus) biasanya tidak memiliki gejala sama sekali sementara sel-sel kanker telah menyebar di luar usus pada saat seseorang terlambat mengetahui perawatan akan menjadi sulit sering tidak mungkin untuk menyembuhkan.
Tanda – tanda terjadi saat terkena kanker penyakit ini adalah :
1.Kramperut / sakit di perut,
2.
Keluardarahketikabuang air besar
3.Kehilangan berat badan secara tidak jelas.
4.Mudah merasa lelah,
5.
Merasasepertiharus “buang air besar” ketika kita tidak / dorongan
buang air besar
B.                 PeranLactobacillusspdalambidangindustry
Lactobacilus adalah genus bakteri gram-positif, anaerobik fakultatif atau mikro aerofilik. Bakteri ini membentuk sebagian besar dari kelompok bakteri asam laktat, dinamakan demikian karena kebanyakan angotanya dapat merubah laktosadangula lainnya menjadi asam laktat. Kebanyakan dari bakteri ini umum dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Dalam manusia bakteri ini dapat ditemukan di dalam vgina dan sistem pencernaan, dimana mereka bersimbiosis dan merupakan sebagian kecil dari flora usus. Banyak spesies dari lactobacillus memiliki kemampuan membusuksan materi tanaman yang sangat baik. Produksi asam setelah ditemukannya jenis bakteri lactobacillus yang sifat-sifatnya dapat bermanfaat bagi manusia dan dapat dibuat menjadi yoghurt berkembang dalam pembuatan yoghurt. Yoghurt ini dibuat dari susu yang  difermentasikan dengan menggunakan bakteri lactobacillus, pada suhu 40°C selama 2,5 jam s/d 3,5 jam. Asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut dapat mengubah susu menjadi youghurt yang melalui poses fermentasi. Yoghurt yang tersaji dan dalam kemasan. Lactobacillus umumnya dikenal karana nilai gizinya dan digunakan untuk meringankan berbagai macam ketidaknyamanan seperti mengatasi sembelit, ketidaknyamanan pencernaan dan ulkus duodenum. Hal ini juga membantu untuk memerang infeksi jamur seperti candida, kaki Atlet, Infeksi jamur kulit dan lain-lain.

Penelitian di jepang menunjukkan bahwa peran fisiologi utama bakteri asam laktat adalah untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan, tertapi sfisiologi yang paling kuat adalah untuk meningkatkan kekebalan dalam mencegah infeksi.
Lactobacillus juga berfungsi untuk :
1.      Memberikan energi pada tubuh
2.      Membantu fungsi hati dan meningkatkan fungsi detoksifikasinya
3.      Mencegah arteriosclerosis dan menekan proliferasi sel kanker.

            penelitian kanker di jepang memasukkan 1.35 g sel kanker ke tulang tikus. Reaksi yang umumterjadi adalah sel-sel kanker akan tumbuh sampai ukuran 3,56 g. Namun tikus yang telah diberi makan dengan lactobacillus dan obat-obatan barat menunjukkan bahwa sel kanker tetap pada kisaran 1,6 g. Diyakini lebih dari pada obat anti kanker pada umumnya.



C.                Contoh – contoh pembuatan produk industri yang menggunakan Bakteri Lactobacillus Sp

1.                  Mekanisme Yogurt dalam Pencegahan Kanker
Yoghurt terbentuk dari dua buah bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, bakteri lactobacillus bulgaricus dan streptococus thermopillus. Selain dari bakteri tersebut, yoghurt juga mengandung vitamin B-kompleks, yaitu B1 B2 B3 dan B6 serta asam folat, asam pantotenat dan biotin.
Dua bakteri yang terkandng dalam yoghurt bermanfaat untuk menetralkan racun, mencegah diar, kanker, radang paru-paru, menguatkan jantung dan mengurangi susah tidur. Sedangkan kandungan vitamin dalam yogurt bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, kekebalan tubuh dan mempertajam fungsi berfikir. Sedangkan kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam yougurt berguna untuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis.
Lactobacillus mampu menghasilkan zat anti biotika yang disebut bulgarikan. Zat ini berbeda dengan anti biotik yang biasa kita kenal antibiotik ini kerjanya lebih spesifik pada mikroorganisme yang merugikan saja sehingga berefek menguntungkan bagi kita. Apabila mengkonsumsi yogurt secara teratur dapat mengurangi resiko terjadinya kanker usus. Kanker usus dapat dideteksi setelah stadium lanjut sehingga lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan karena pengobatan yang dilakukan merusak usus.
Yogurt bersifat mengaktifkan friedly bacteria (bactri bersahabat) di dalam usus manusia sehingga dapat memeperbaiki dan menyempurnakan fungsi pencernaan. Tidak hanya itu, yogurt memilii daya antibiotika yang dapat menghindarikan pembusukan terlalu dini di dalam usus halus sehingga dapat menormalkan keseimbangan di dalam usus halus.
Yougurt diperlukan oleh orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan dan para lansia. Kadar asam lambung orang-orang yang telah lanjut usia umumnya mengalami penurunan hingga 85%.
2.      Alternatif lain cara mencegah kanker kolorektal / kanker yang menyerang usus besar dengan mengkonsumsi buah apel
·         Selain kelainan genetik makanan yang dikonsumsi berpengaruh pada timbulnya kanker kolorektal (usus besar)
·         Salah satu makanan yang terbukti mampu mencegah kanker ini adalah buah apel.
·         Dalam riset laboratorium yang dilakukan para peneliti dari jerman, Dr. Dieter Schrenk, untuk menghalangi terbentuknya HDAC (histone deacetlyases).
·         Menurunnya produksi HDAC akan menekan pertumbuhan sel pra kanker dan sel tumor.





BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan :
       Yoghurt berfungsi untuk memperbaiki dan memperlancar kembali system pencernaan Industri. Yogurt terdapat bakteri utama yang membantu proses fermentasi yogurt diantaranya adalan Lactobicillus bulgaricus. Pada dasarnya kerja bakteri ini yaitu menghasilkan asam laktat sehingga rasa dari yogurt tersebut menjadi asam dengan mengkonsumsi lactobacillus dapat mencegah atau mengobati kanker tetapi untuk memudahkan manusia lactobacillus di fermentasi menjadi yogurt untuk dikonsumsi mengobati kanker tetapi selain yogurt dapat juga mengkonsumsi buah apel .



DAFTAR PUSTAKA


http://www.vegetarian-guide.com/cara-membuat-susu-kedelai
http://id.wikipedia.org/wiki/Lactobacillus acidophilus
http://uniqpost.com/38993/mengetahui-lebih-jauh-si-susu-fermentasi-yoghurt/http://ksupointer.com/2009/yogurt-susu-asam-berkhasiat%E2%80%8E
http://www.enformasi.com/2010/04/manfaat-yoghurt.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Praktikum Mikrobiologi : Pemanfaatan Mikroba Bakteri Lactobacillus sp pada Kesehatan"

Post a Comment

Terimakasih Sudah Mengunjungi Blog Ini, Silahkan Tinggalkan Komentar!